Beranda » Jenius » Cara Mengetahui Kode CVV Jenius di Kartu dan Aplikasi Jenius

Cara Mengetahui Kode CVV Jenius di Kartu dan Aplikasi Jenius

Indra 26 Januari 2024

Cara Mengetahui Kode CVV Jenius – Hadirnya layanan bank digital Jenius tentunya akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Para pengguna bisa melakukan transaksi dengan mudah baik di aplikasi atau menggunakan layanan kartu debit Jenius.

Berbicara mengenai kartu debit Jenius, fasilitas ini tersedia dalam 2 jenis, yaitu kartu fisik dan kartu elektrik atau dikenal juga dengan nama m-Card Jenius. Dari segi fungsi, kartu debit Jenius juga memiliki cara kerja yang sama dengan fasilitas kartu debit dari bank lain.

Pada kartu debit Jenius, ada yang namanya kode CVV. Banyak pengguna Jenius yang belum mengetahui apa itu Kode CVV kartu debit Jenius dan dimana letak dari kode CVV tersebut. Nah di pertemuan kali ini kami akan memberikan informasi terkait hal tersebut.

Bukan hanya itu saja, ada juga beberapa pembahasan penting lain terkait kode CVV kartu debit Jenius. Baiklah, tanpa basa-basi lagi lebih baik langsung saja kita masuk ke topik pembahasan utama yang telah bankdigitalin.com siapkan berikut ini.

Apa Itu Kode CVV?

Sebelum kita lanjut ke pembahasan berikutnya, disini kami akan informasikan lebih dulu mengenai apa itu Kode CVV debit Jenius. Kode CVV adalah salah satu fitur keamanan yang digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi secara elektronik dan biasanya dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan transaksi secara online.

Perlu diketahui bahwa kode CVV diklaim menjadi fitur keamanan untuk standar pembayaran yang telah ditetapkan oleh Visa maupun Mastercard. Umumnya, kode CVV di kartu debit Jenius BTPN maupun di aplikasi terdiri dari 3 digit angka. Nah, 3 digit angka tersebut harus dijaga kerahasiannya demi keamanan penggunaan kartu.

Jadi, jangan sampai kode CVV tersebut bocor atau kalian berikan kepada orang lain. Karena ini bisa menjadi celah untuk oknum tertentu melakukan kejahatan digital yang cukup marak terjadi akhir-akhir ini. Ketahui juga bahwa kode CVV ini terdapat di kartu debit maupun kartu kredit.

Pada dasarnya CVV menjadi verifikasi apabila kalian pemilik sah dari kartu tersebut agar ketika proses transaksi yang dilakukan bisa dilanjutkan. Hal penting yang perlu diketahui yaitu jika kode CVV ini berbeda dengan PIN. Pembedanya adalah CVV diperlukan oleh pengguna ketika transaksi online, sedangkan PIN diperlukan ketika pengguna melakukan penarikan tunai.

Verifikasi CVV kadang diperlukan mengingat kartu debit maupun kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran non tunai yang banyak digunakan para nasabah dalam aktivitas transaksi. Karena demikian, kerahasiaan CVV ini harus benar-benar terjaga. Hal ini harus benar-benar kalian catat dan pahami.

Fungsi Kode CVV

Jika kalian sudah mengetahui apa itu kode CVV, berikutnya kita akan bahas juga mengenai fungsi daripada kode CVV ini. Berbicara mengenai fungsi, sudah jelas bahwa kode ini memiliki fungsi untuk keamanan ketika melakukan transaksi secara online.

Seperti dijelaskan juga diatas bahwa kode CVV hanya tersedia di kartu yang berlogo Visa dan Mastercard saja. Umumnya, Kode CVV hanya bisa diketahui oleh pemilik kartu debit Jenius saja dan sangat disarankan untuk selalu dijaga kerahasiannya.

Ketika melakukan transaksi online dengan sistem pembayaran Cashless Payment di beberapa situs jual beli online, kode CVV ini wajib untuk dimasukkan. Nah maka dari itu cara mengetahui kode CVV Jenius tentu wajib untuk kalian pahami.

Cara Mengetahui Kode CVV Jenius

Setelah mengetahui pembahasan terkait apa itu kode CVV Jenius dan juga fungsinya, lanjut ke pembahasan berikutnya mengenai cara mengetahui kode CVV Jenius. Cara mengetahui kode CVV Jenius bisa dilakukan dengan sangat mudah, dimana kalian bisa melihat langsung pada kartu debit Jenius atau melihatnya melalui m-Card Jenius di aplikasi.

Jika kalian masih bingung mengenai cara mengetahui kode CVV Jenius ini, di bawah ini bisa kalian simak seperti apa langkah-langkahnya.

1. Cara Mengetahui CVV Jenius di Kartu Debit

Untuk mengetahui CVV Jenius, kalian bisa melihatnya langsung di kartu debit atau kartu ATM Jenius kalian. Kode CVV ini biasanya terdapat pada bagian belakang kartu dengan 3 digit angka. Kode ini ada di bagian sebelah kanan dari kolom tanda tangan pemilik kartu.

Selain mengetahui kode CVV, kalian juga bisa mengetahui beberapa informasi lainnya, seperti tanggal expired kartu, nomor kartu dan lain sebagainya. Di bawah ini bisa kalian simak beberapa informasi yang ada pada kartu debit Jenius.

Bagian Depan

  • Nama pemilik
  • Nomor kartu
  • Informasi valid dari Thru
  • Jenis kartu debit yang digunakan baik itu Visa ataupun Mastercard

Bagian Belakang

  • Kode CVV
  • Magnetic strip
  • Tanda tangan pemilik

2. Cara Mengetahui CVV Jenius di m-Card

Selain menggunakan cara diatas, kalian juga bisa melihat kode CVV melalui aplikasi Jenius. Jadi disini, pengguna nantinya akan mendapatkan kartu fisik dan juga kartu elektrik yang dikenal juga dengan m-Card.

Nah m-Card ini hanya ada pada aplikasi Jenius yang bisa kalian lihat pada menu Cards. Tidak beda dengan cara diatas, informasi mengenai CVV juga ada pada bagian belakang m-Card tersebut.

Untuk yang masih penasaran mengenai cara melihat kode CVV Jenius di m-Card, silahkan simak langkahnya berikut ini.

1. Buka Aplikasi Jenius

Buka Aplikasi Jenius 1

Langkah pertama disini kalian dapat masuk lebih dulu ke aplikasi Jenius yang terinstal di HP.

2. Pilih Menu Cards

Pilih Menu Cards

Setelah masuk di halaman utama aplikasi Jenius, disini akan terlihat beberapa menu. Untuk melihat kode CVV, silahkan langsung saja pilih menu Cards di bagian bawah.

3. Pilih m-Card

Pilih m Card

Nah disini kalian bisa melihat kartu debit elektronik. Nah pada gambar diatas bisa dilihat jika pengguna nantinya bisa memiliki lebih dari 1 kartu debit elektronik.

4. Tap Kartu untuk Melihat Kode CVV

Tap Kartu untuk Melihat Kode CVV

Selanjutnya silahkan tap kartu untuk melihat kode CVV.

5. Masukkan Password Jenius

Masukkan Password Jenius

Untuk bisa melihat kode CVV, disini pengguna diminta untuk memasukkan password transaksi Jenius. Masukkan password dengan lengkap dan benar.

6. Kode CVV Terlihat

Kode CVV Terlihat

Nah, kode CVV akan terlihat. Tertera juga peringatan untuk pengguna “Jangan membagikan nomor kartu dan kode CVV kepada siapapun termasuk pihak Jenius”.

Apakah Kode CVV Jenius Penting?

Setelah mengetahui cara melihat kode CVV Jenius, kami tekankan sekali lagi bahwasanya kode CVV ini merupakan kode keamanan ketika pengguna melakukan transaksi secara online.

CVV juga bersifat rahasia, jadi jangan sampai kode tersebut bocor atau kalian berikan kepada pihak lain, bahkan pihak Jenius pun memberikan anjuran agar selalu menjaga kerahasiannya. Jadi, jika kalian bertanya apakah kode CVV Jenius itu penting atau tidak? Jawabannya adalah Ya, kode CVV sangatlah penting.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas terkait cara mengetahui kode CVV Jenius, disini dapat kami simpulkan bahwa untuk mengetahui kode tersebut tentunya sangat mudah. Kalian bisa mengetahui kode tersebut melalui kantor debit Jenius fisik, atau bisa melalui kartu m-Card maupun e-Card di aplikasi Jenius.

Artikel Terkait