Beranda » Jenius » Cara Top Up Jenius dari BCA 2024, ATM, m-Banking dan Kode

Cara Top Up Jenius dari BCA 2024, ATM, m-Banking dan Kode

Rizal 21 Januari 2024

Cara Top Up Jenius dari BCA – Apabila ingin menggunakan fitur keuangan dari sejumlah bank digital, tentu hal utama yang harus Anda perhatikan adalah saldo. Hal serupa juga berlaku pada aplikasi Jenius dari BTPN.

Sebagai Bank Digital paling fleksibel, saldo Jenius dapat diisi ulang melalui berbagai metode. Salah satunya adalah cara top up Jenius dari BCA. Pengguna bisa memanfaatkan fasilitas ATM, m-Banking, sampai Internet Banking.

Namun, cara top up Jenius dari BCA ini hanya berlaku jika pengguna sudah memenuhi beberapa syarat. Itulah mengapa sebelum melakukan pengisian saldo, Anda dianjurkan memahami prosedur yang berlaku.

Supaya dapat membantu para pengguna dalam memahami syarat, kode transfer, biaya, sampai cara top up Jenius dari BCA, silahkan simak seluruh pembahasan penting di bawah ini.

Syarat Top Up Jenius dari BCA

Syarat Top Up Jenius dari BCA

Seperti kebanyakan Bank Digital, Jenius juga memiliki persyaratannya tersendiri bagi pengguna yang hendak melakukan pengisian saldo (Top Up).

Hal serupa juga berlaku bagi nasabah BCA (Bank Central Asia) yang menggunakan Jenius dalam menunjang aktivitas keuangan. Ada beberapa syarat penting guna membantu kelancaran proses top up melalui berbagai fasilitas.

Supaya dapat diketahui oleh seluruh pengguna, berikut adalah daftar beberapa syarat top up Jenius dari BCA.

  • Sudah melakukan pembukaan rekening BCA
  • Memiliki salah satu fasilitas perbankan BCA (ATM, m-Banking, dan Internet Banking)
  • Mengetahui Nomor Rekening Jenius
  • Memasukkan Kode Transfer BCA ke Jenius
  • Memiliki saldo sesuai ketentuan minimum transfer Jenius
  • Membayar biaya admin sesuai ketentuan BCA
  • Memiliki koneksi internet memadai (khusus top up Jenius via m-Banking dan Internet Banking)

Jika semua syarat di atas sudah terpenuhi, maka Anda bisa segera menerapkan cara top up Jenius menggunakan fasilitas perbankan yang tersedia.

Kode Transfer BCA ke Jenius

Karena masuk sebagai salah satu syarat top up Jenius, mau tidak mau pengguna harus mengetahui kode transfer supaya pengisian saldo bisa diproses secara lancar.

Adapun kode transfer BCA ke Jenius adalah 213, kombinasi angka tersebut nantinya harus dicantumkan saat pengguna melakukan isi ulang saldo menggunakan fasilitas keuangan Bank Central Asia.

Berhubung syarat hingga kode transfer BCA ke Jenius sudah diketahui, maka langkah selanjutnya tinggal menerapkan cara mengisi saldo rekening menggunakan fasilitas perbankan masing-masing.

Baca Juga: √ Biaya Transfer BCA ke BCA Digital: m-Banking & ATM, Murah?

Cara Top Up Jenius dari BCA

Tibalah saatnya membahas cara mengisi saldo Jenius yang dilakukan dari salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, yaitu BCA.

Adapun cara top up tersebut nantinya akan terbagi menjadi 3 (tiga) metode, yaitu melalui ATM, m-Banking (BCA Mobile), hingga Internet Banking (Klik BCA).

Supaya dapat menjadi panduan bagi semua pengguna, berikut adalah cara top up Jenius dari BCA via ATM, m-Banking, serta Internet Banking.

1. ATM BCA

1. ATM BCA

Berikut adalah cara top up Jenius dari ATM BCA:

  • Masukkan kartu ATM serta PIN BCA pada mesin
  • Pilih menu TRANSFER di tampilan ATM BCA
  • Tekan menu TRANSFER KE BANK LAIN di tampilan ATM BCA
  • Masukkan kode transfer Bank BTPN (Jenius), yaitu 213
  • Masukkan nomor rekening Jenius dengan benar
  • Masukkan nominal top up Jenius sesuai kebutuhan
  • Lalu ikuti instruksi lanjutan yang ditampilkan pada layar ATM BCA
  • Cara top up Jenius via ATM berhasil.

2. BCA Mobile

2. BCA Mobile

Berikut adalah cara top up Jenius dari fasilitas m-Banking BCA (BCA Mobile):

  • Buka aplikasi m-Banking BCA atau BCA Mobile di perangkat Handphone
  • Kemudian lakukan Login akun BCA Mobile terdaftar
  • Pilih menu m-Transfer di halaman utama BCA Mobile
  • Fokus ke kolom Transfer, kemudian tap Antar Bank
  • Isikan kolom Bank dengan memilih opsi 213 – BTPN
  • Isikan Nomor Rekening Jenius dalam kolom Ke Rekening Tujuan
  • Isikan Nominal Top Up Jenius sesuai kebutuhan
  • Apabila semua data sudah terisi, silahkan tap Send di bagian pojok kanan atas tampilan BCA Mobile
  • Tap OK apabila muncul pop up konfirmasi transfer ke rekening Jenius
  • Masukkan PIN m-BCA atau BCA Mobile dengan benar
  • Cara top up Jenius via m-Banking berhasil

3. Klik BCA

3. Klik BCA

Berikut adalah cara top up Jenius dari fasilitas Internet Banking BCA (Klik BCA):

  • Silahkan Login terlebih dahulu ke dalam akun Klik BCA
  • Klik menu TRANSFER KE REKENING BANK LAIN DALAM NEGERI
  • Pada tampilan layar Klik BCA, isikan Bank tujuan pengiriman dengan memilih opsi Bank BTPN
  • Masukkan nomor rekening Jenius dengan benar
  • Masukkan nominal top up Jenius sesuai kebutuhan
  • Lalu ikuti instruksi lanjutan yang ditampilkan pada layar Klik BCA
  • Cara top up Jenius via Internet Banking berhasil.

Silahkan lakukan top up Jenius menggunakan beberapa opsi cara di atas. Namun, kembali lagi perlu diingatkan jika pengguna harus mempersiapkan saldo rekening cukup guna mengakomodasi top up serta biaya adminnya.

Biaya Top Up Jenius dari BCA

Biaya Top Up Jenius dari BCA

Tidak hanya kode transfer saja, saldo di dalam rekening juga menjadi salah satu faktor penentu dalam proses top up Jenius. Pasalnya pihak BCA memiliki ketentuan biaya admin apabila terjadi transaksi ke rekening bank lain.

Lantas, berapa biaya isi saldo Jenius dari BCA? Biaya top up Jenius dari BCA adalah Rp 2.500 per transaksi. Detail pada setiap nominal biaya top up Jenius dapat diketahui melalui tabel di bawah ini.

Fasilitas BCABiaya Admin Top Up Jenius
ATM BCARp 2.500
BI-FASTRp 2.500

Gunakan data di atas sebagai rujukan dalam melakukan proses transaksi. Jadi pastikan saldo di dalam rekening Anda cukup untuk membayar nominal top up Jenius serta biaya admin.

Baca Juga: 10 Kelebihan dan Kekurangan Line Bank, Bagus Kok Tapi…

Minimum Top Up Jenius dari BCA

Apabila ingin melakukan top up Jenius, maka pengguna harus mengetahui berapa minimum nominal yang dapat dikirimkan melalui beberapa fasilitas perbankan. Hal serupa juga berlaku ketika Anda menggunakan BCA.

Adapun batas minimum top up Jenius adalah Rp 50.000. Namun, tidak menutup kemungkinan jika ketentuan batas minimum tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu karena adanya kebijakan baru.

Limit Harian Top Up Jenius dari BCA

Seperti aktivitas perbankan lainnya, beberapa fasilitas keuangan dari BCA juga memiliki ketentuan limit apabila digunakan sebagai sarana transaksi.

Adanya ketentuan limit harian tadi juga berpengaruh ketika pengguna hendak melakukan top up atau isi ulang saldo Jenius melalui berbagai fasilitas perbankan.

Adapun limit transfer harian BCA, baik ATM, m-Banking, atau Internet Banking ke Jenius ada di kisaran Rp 10 Juta sampai Rp 100 Juta tergantung jenis kartu yang digunakan.

Batas Waktu Top Up Jenius dari BCA

Biasanya kegiatan top up suatu Bank Digital maupun dompet digital memiliki batas waktu. Artinya pengguna hanya bisa melakukan transfer atau pengisian saldo pada jam-jam tertentu.

Namun, ketentuan batas waktu tadi nampaknya tidak berlaku bagi Jenius karena pengguna dapat melakukan transfer maupun top up dalam kurun waktu 24 Jam.

Alhasil, akun Jenius dapat digunakan sebagai sarana keuangan kapanpun saat pengguna sedang membutuhkannya.

Kenapa Gagal Top Up Jenius dari BCA?

Kenapa Gagal Top Up Jenius dari BCA

Dalam berbagai momen, ada sejumlah kendala dimana pengguna gagal melakukan top up Jenius saat menggunakan berbagai fasilitas keuangan dari Bank Central Asia.

Tentu kendala tadi menimbulkan pertanyaan tersendiri apalagi jika ternyata saldo di dalam rekening BCA sudah berkurang pasca menerapkan cara top up.

Lantas, kenapa gagal top up Jenius dari BCA? Biasanya kegagalan top up Jenius bisa terjadi lantaran adanya kesalahan dalam pengetikan nomor rekening tujuan, kurangnya saldo hingga permasalahan sistem.

Supaya dapat dijadikan sebagai wawasan bersama, berikut merupakan daftar beberapa penyebab gagal top up Jenius dari BCA.

1. Saldo Tidak Cukup

Penyebab pertama terjadinya gagal top up Jenius adalah saldo di dalam rekening kurang dari ketentuan nominal. Anda perlu ingat kembali tentang ketentuan minimum, limit harian, sampai biaya admin.

Bisa jadi salah satunya merupakan penyebab gagal top up sehingga fasilitas BCA yang digunakan tidak dapat melakukan transfer ke rekening lain.

2. Salah Rekening Tujuan

Selain permasalahan saldo, ternyata kesalahan dalam mengetik rekening tujuan juga menjadi penyebab gagal top Jenius. Itulah mengapa pengguna harus mengecek kembali rekening tujuan sebelum melakukan transfer.

3. Maintenance Sistem

Pengalaman terbaik dalam menggunakan Jenius maupun BCA berasal dari terawatnya sistem transaksi yang digunakan oleh masing-masing platform.

Itulah mengapa pihak pengelola, baik Jenius maupun BCA kerap melakukan maintenance (pemeliharaan) sistem agar kegiatan transaksi bisa berjalan lancar.

Imbasnya, terkadang aktivitas maintenance sistem tadi akan membatasi kegiatan transfer, termasuk top up Jenius.

4. Koneksi Internet Buruk

Penyebab gagal top up Jenius yang terakhir adalah buruknya kualitas koneksi internet. Hal tersebut kerap dialami oleh pengguna yang melakukan transfer menggunakan fasilitas BCA, baik m-Banking maupun Internet Banking.

Semua poin penting di atas adalah penyebab kenapa gagal melakukan top up Jenius. Apabila kendala tadi menjadi masalah yang cukup serius, maka pengguna bisa segera menghubungi layanan Call Center Jenius.

Call Center Top Up Jenius

Call Center Top Up Jenius

Guna memberikan pelayanan optimal selama melaksanakan proses top up, Jenius menyediakan layanan Call Center sebagai sarana menggali informasi hingga pengajuan komplain.

Nantinya pengguna akan terhubung dengan CS (Customer Service) Jenius ketika menghubungi layanan Call Center yang telah disediakan.

Supaya komunikasi dengan CS dapat terjalin, silahkan hubungi beberapa layanan Call Center Jenius di bawah ini:

  • Telepon: 1500 365
  • Email: jenius-help@btpn.com

Kesimpulan

Melalui pembahasan cara top up Jenius dari BCA tadi, para pengguna sudah mengetahui bagaimana prosedur pengisian saldo baik melalui ATM, m-Banking, maupun Internet Banking Bank Central Asia.

Jangan lupa untuk memasukkan kode transfer BCA ke Jenius, serta pastikan saldo di dalam rekening mencukupi guna mengakomodasi kebutuhan isi ulang saldo serta pembayaran biaya transfernya.

Artikel Terkait